HALAMAN PENGESAHAN
Disahkan pada tanggal,................................
Kepala Sekolah
IMAM SOLICHIN.
NIP. 19510809 197402 1 007
Ketua
Komite Sekolah
( SUPRAWOTO )
Disahkan / Disetujui oleh,
Kepala UPTD Pendidikan
Kec. Bakung
AKHMAD MUKHOLIS,S.Pd,MM
Penata
NIP. 19600505 198303 1 029
Kepala Dinas Pendidikan Daerah
Kab. Blitar
ROMELAN,S.Pd,M.Si
Pembina Tingkat I
NIP. 196201011988031028
PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SDN KEDUNGBANTENG 02
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAKUNG
KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGBANTENG 02
NOMOR : 102/12/409.101.15.02/2010
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN KURIKULUM
SD NEGERI KEDUNGBANTENG 02
KEC. BAKUNG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Menimbang : Bahwa dalam rangka peningkatan mutu pendidikan perlu adanyaseperangkat rencana dan pengaturan tentang bahan, isi, dan tujuan, serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran, yang termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Merujuk 1. UUD 1945 pasal 31
2. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
3. UU No. 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
4. PP No. 19 tahun 2005 tentang Stándar Nasional Pendidikan
5. Peraturan pemerintah No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
6. Peraturan pemerintah No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
7. Peraturan pemerintah No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Peraturan Peraturan Pemerintah No.23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
8. Surat Edaran Kepala Dinas No….tanggal……..tentang
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama : Nama-nama tim penyusun kurikulum SDN Kedungbanteng 02 sebagai tersebut dalam lampiran keputusan ini mestinya.
Ketiga : Segala biaya yang timbul dari kegiatan ini, dibebankan kepada anggaran sekolah.
Keempat : Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan ditetapkan dalam keputusan tersendiri.
Kelima : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Kedungbanteng
Pada tanggal : 14 Pebruari 2010
Kepala SDN Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1 007
Tembusan :
1. Yth. Kepala UPTD Pendidikan Kec. Bakung
2. Arsip
Lampiran : Surat Keputusan Kepala SDN Kedungbanteng 02
Nomor : 102/12/409.101.15.02/2010
Tanggal : 14 Pebruari 2010
Tentang : Tim Penyusun Kurikulum Tahun 2010 - 2011
DAFTAR NAMA PESERTA RAPAT PENYUSUNAN KURIKULUM
SD NEGERI KEDUNGBANTENG 02
NO NAMA JABATAN KETERANGAN
1 IMAM SOLICHIN Ketua merangkap anggota Kepala Sekolah
2 SUPRIONO, S.Pd Sekretaris merangkap anggota Guru
3 SRI INDRAWATI, S.Pd Bendahara merangkap anggota Guru
4 SUPRAWOTO Anggota Komite Sekolah
5 SUYADI Anggota Guru
6 WINDARYATIN, S.Pd Anggota Guru
7 AMINAHS.Pd. Anggota Guru
8 DANIK WAHYULI Anggota Guru
9 PUJI ASTUTIK Anggota Guru
KATA PENGANTAR
Alhamdulillaahirobil’alamin, kami panjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT karena berkat rahmat, taufik, serta hidayah-Nya kami telah menyelesaikan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kelas I s.d VI.
Dalam kesempatan kali ini kami tidak lupa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusunan kurikulum SDN KEDUNGBANTENG 02 ini, utamanya kepada :
1. Bapak AKHMAD MUKHOLIS, S.Pd, M.M. selaku Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bakung
2. Bapak / Ibu pengawas TK / SD Kec. Bakung
3. Bapak / Ibu panitia pelatihan penyusunan KTSP
4. Pengurus Kelompok Kerja Guru Gugus I Kec. Bakung.
5. Bpk. Edy Sudrianto , S.Pd selaku Ketua Gugus I Kec. Bakung
Kami telah berusaha semaksimal mungkin agar penyusunan kurikulum SD Negeri Kedungbanteng 02 benar-benar memadai. Namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan kami dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami berharap kepada semua pihak agar berkenan memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya kurikulum ini.
Akhirnya dengan pernuh rasa syukur kami berharap semoga kurikulum ini berguna bagi segenap civitas akademik SDN Plandirejo 01 pada khususnya dan sekolah dasar pada umumnya.
Kedungbanteng , 14 Pebruari 2010
Kepala SD Negeri Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1 007
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Halaman Pengesahan ii
Surat Keputusan Kepala Sekolah iii
Kata Pengantar vi
Daftar Isi vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Landasan Kurikulum 3
BAB II VISI, MISI, TUJUAN DAN PROFIL SEKOLAH
A. VISI 5
B. MISI 5
C. Tujuan Sekolah 5
D. Profil Sekolah 6
BAB III STANDAR ISI, STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. STANDAR ISI 8
B. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 8
C. STRUKTUR KURIKULUM 9
D. MUATAN KURIKULUM 10
E. PENGATURAN BEBAN BELAJAR 19
F. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL 20
G. PELAPORAN 25
H. KENAIKAN KELAS 26
I. KELULUSAN 26
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
A. Pengertian 27
B. Isi Kalender Pedidikan 28
BAB V PENUTUP 38
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamalkan tersusunnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan, serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BPNSP).
Berdasarkan hal tersebut, SDN Kedungbanteng 02 menyusun kurikulum yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Berpusat pada Potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum ini dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntunan lingkungan di mana yang bersangkutan berada. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan local dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karen itu, pengembangan ketrampilan pribadi, ketrampilan akademik, dan ketrampilan vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam Kerangka negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Pengertian kurikulum tingkat satuan pendidikan
Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, misi, dan bahan pelajaran serta cara yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isis, misi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang pelaksanaan operasionalnya disusun oleh masing-masing satuan pendidikan di sekolah dasar.
B. LANDASAN
1. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 yang mengatur Tentang Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Republik Indonesia, nomor 20 tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), dan (4); Pasal 32 ayat (1), (2), dan (3); Pasal 35 ayat (2), Pasal 36 ayat (1), (2), (3), dan (4); Pasal 37 (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
3. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otoda.
4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); pasal 10 ayat (1), (2), (3); pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (15); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2); Pasal 19 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Permen Nomor 22 dan 23.
8. Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar nomor....................tanggal.......................Tentang Penyusunan dan Pelaksanaan Kurikulum, Dimulai Tahun Pelajaran 2007/2008 untuk kelas 1 s.d kelas VI.
BAB II
VISI, MISI, TUJUAN DAN PROFIL SEKOLAH
A. Visi
“Terbinanya generasi yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur, mandiri dan unggul dalam bidang akademik, dan non akademik demokratis dan bertanggung jawab, selaras dengan perkembangan seni dan budaya serta berwawasan global.”
B. Misi
1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa
2. Meningkatkan kepribadian yang luhur bagi siswa
3. Melatih kemandirian siwa
4. Meningkatkan prestasi siswa baik bidang akademik maupun non akademik
5. Membudayakan sikap demokratis yang santun dan bertanggung jawab.
C. Tujuan Sekolah
1. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2. Tujuan Sekolah Dasar
Tujuan Sekolah Dasar dalam era globalisasi pasti terjadi suatu persaingan yang ketat untuk merebut pengaruh agar dapat menguasai berbagai seni kehidupan yang ada hubungannya dengan ekonomi, sosial, politik, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Implikasi dari kompetensi itu dapat memberi motivasi bagi individu maupun kelompok untuk melakukan inovasi dan kreatifitas yang selalu menuju pada arah kemajuan yang berkelanjutan.
Dari keadaan di atas peranan pendidikan memiliki nilai strategis dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Dengan demikian pendidikan harus mampu menerjemahkan dan menjawab setiap masalah global. Berarti mutu pendidikan senantiasa harus ditingkatkan agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Bertitik tolak dari pandangan di atas maka Sekolah Dasar Negeri Kedungbanteng 02 dalam tahun pelajaran 2010/2011 memiliki tujuan yang hendak dicapai antara lain:
a. Menghasilkan lulusan dengan nilai rata-rata minimal 7,5
b. Mendapatkan kejuaraan di berbagai macam lomba.
c. Siswa lebih tekun dalam menjalankan ibadah.
d. Pada tahun.Pelajaran 2010/2011 proporsi lulusan yang melanjutkan ke sekolah-sekolah negeri unggul minimal 75.%
D. Profil Sekolah
Nama Sekolah : SDN Kedungbanteng 02
NIS : 100070
NSS : 101051513006
Propinsi : Jawa Timur
Kecamatan : Bakung
Desa : Kedungbanteng
Jalan : Trisula no. 45
Kode Pos : 66163
Telepon : 0342-7768974
Faksimile : -
Daerah : Pedesaan
Status : Negeri
Akreditasi : A
Surat Keputusan :
Penerbit/SK :
Tahun berdiri : 1978
Tahun pembuatan : 1978
Kegiatan belajar : Pagi
Luas bangunan : 441 m2
Jarak ke pusat kec. : 4 km
Jumlah siswa Kl.I s/d VI: L + P: : 189 anak
Jumlah Personil : KS : 1 Orang
GU : 6 Orang
GAI : 1 Orang
GOR : 1 Orang
Penjaga : 1 Orang
Sukwan : 4 Orang
Jumlah Rombel : 6 Kelas
Kondisi ekonomi masyarakat : Cukup
Partisipasi komite sekolah, wali murid dan masyarakat terhadap sekolah sangat baik, sehingga dapat menciptakan sekolah yang kondusif.
Komite Sekolah dipimpin ileh Bapak : SUPRAWOTO
Kepala SDN Kedungbanteng 02
Kec. Bakung Kab. Blitar
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1 007
BAB III
STANDAR ISI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STRUKTUR, DAN MUATAN KURIKULUM
A. STANDAR ISI
Dalam dokumen ini dibahas standar isi sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, yang secara keseluruhan mencangkup:
1. Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan,
2. Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah,
3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkandari standar isi, dan
4. Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.
B. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
1. Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan sikap dengan tahap perkembangan siswa.
2. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.
4. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
5. Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
6. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik.
7. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
8. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
9. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar.
10. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
11. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
12. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara dan tanah air Indonesia.
13. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
14. Berkomunikasi secara jelas dan santun.
15. Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
16. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulils.
17. Menunjukkan ketrampilan meyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
STRUKTUR KURIKULUM
Tabel struktur kurikulum SD/MI
Komponen KELAS DAN ALOKASI WAKTU
I II III IV, V, VI
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 4 4 4 3 3 3
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 6 6 6 5 5 5
4. Matematika 6 6 6 5
5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 2 2 3 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 2 2 2 3 3 3
7. Seni Budaya dan Ketrampilan 2 2 2 4 4 4
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 3 3 4 4 4 4
Muatan Lokal
Bahasa Jawa 2 2 2 2 2 2
Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
Komputer 2
Budi Pekerti & Wawasan Kebangsaan 2 2 2 2 2 2
Pengembangan Diri *) 2 2 2
Jumlah 33 33 37 40 40 40
*) ekuivalen 2 jam pelajaran
Keterangan:
1) 1 jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
2) Kelas 1, 2, 3 pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran diatur sendiri oleh sekolah.
3) Kelas 4, 5, 6 pendekatan mata pelajaran.
C. MUATAN KURIKULUM
1. Mata Pelajaran
Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran yaitu;1. Pendidikan Agama, 2. Pendidikan Kewarganegaraan, 3. Bahasa Indonesia, 4. Matematika, 5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 6. Ilmu Pengetahuan Social, 7. Seni Budaya dan Keterampilan, 8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan IPA terpadu dan IPS terpadu.
Tujuan Pendidikan Sesuai Mata Pelajaran:
1. Pendidikan Agama
a. Pendidikan Agama Islam
- Menumbuhkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi muslim / muslimah yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya.
- Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, Jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya beragama dalam comunitas sekolah.
b. Pendidikan Agama Kristen
- Memperhatikan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karyaNya agar peserta didik bertumbuh iman percayanya dan meneladan Allah Tri Tunggal dalam hidupnya.
- Menanamkan pemahaman tentang Allah dan karyaNya lepada peserta didik, sehingga mampu memahami dan menghayatinya.
- Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu mengahayati imannya secara bertanggungjawab serta berakhlak mulila di tengah masyarakat yang pluralistic.
c. Pendidikan Agama Katolik
Agar peserta didik memiliki kemampuan untuk membangun hidup yang semakin Kristiani yang bermutu membangun kesetiaan Injil Yesus Kristus, yang memiliki keprihatinan tunggal, yakni kerajaan Allah. Kerajaan Allah merupakan situasi dan peristiwa penyelamatan: situasi dan perjuangan untuk perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, kelestarian lingkungan hidup, yang dirindukan oleh setiap orang dari pelbagai agama dan kepercayaan.
d. Pendidikan Agama Hindu
- Menumbuhkembangkan dan meningkatkan koalitas sradha dan bhakti melalui pemberian, pemupukan, penghayatan dan pengalaman ajaran agama.
- Membangun insan Hindu yang dapat mewujudkan nilai-nilai moksartam jagadhita dalam kehidupannya.
e. Pendidikan Agama Budha
- Mengembangkan keyakinan (srada) dan ketaqwaan (bhakti) lepada Tuhan Yang Maha Esa, Tiratana, Para Bodhisatva, Mahasattva
- Mengembangkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia melalui peningkatan pelaksanaan moral (sila), meditasi (semadhi) dan kebijaksanaan (panna) sesuai dengan Budha Dharma (Agama Budha).
- Mengembangkan manusia Indonesia yang memahami, menghayati dan mengamalkan/menerapkan Dharma sesuai dengan ajaran Budha yang terkandung dalam Kitab Suci Tripitaka sehingga menjadi manusia yang bertanggung jawab sesuai dengan prinsip Dharma dalam kehidupan sehari-hari.
- Memahami agama Budha dan sejarah perkembangan di Indonesia.
2. Pendidikan Kewarganegaraan
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
- Berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta anti korupsi.
- Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainya.
- Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
3. Bahasa Indonesia
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
- Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan negara.
- Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
- Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
- Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
- Menghargai dan mengembangkan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
4. Matematika
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma secara luwes, akurat, dan efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.
- Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam melakukan generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
- Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
- Mengkonsumsi gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
- Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan.
5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaannya.
- Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan teknologi dan masyarakat.
- Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
- Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
- Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keturunannya aebagai salah satu ciptaan Tuhan.
- Memperoleh bekal pengetahuan konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
- Memiliki kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial.
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan kompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, Nasional, dan global.
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Memiliki konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
- Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
- Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan.
- Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, nasional dan global.
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Agar peserta didik memiliki kemampuan:
- Mengembangkan keterampilan pengolahan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga terpilih.
- Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih terbaik.
- Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
- Meletakkan landasan karakter moral yang lebih kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung didalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
- Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
- Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
- Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memilki sikap yang positif.
2. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mutu pelajaran yang ada. Substansi Muatan Lokal ditentukan oleh satuan pendidikan di sekolah. Adapun Muatan Lokal yang diselenggarakan di sekolah meliputi:
a. Mulok Bahasa Jawa
Mata pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Menghargai dan membanggakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Daerah, berkewajiban mengembangkan serta melestarikannya.
- Memahami Bahasa Jawa dari segi bentuk, makna dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan dan keadaan, misalnya: di sekolah, di rumah, di masyarakat dengan baik dan benar.
- Memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Jawa yang baik dan benar untuk meningkatkan ketrampilan, kemampuan intelektual (berfikir kreatif, menggunakan akal sehat, menerapkan kemampuan yang berguna, menggeluti konsep abstrak) dan memecahkan masalah, kematangan emosional, dan sosial.
- Bersikap lebih positif dalam tata kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya.
b. Mulok Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Kelas I – III
- Memiliki ketrampilan mendengar, menyimak, berbicara, menulis, dan membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pada tingkat kelas IV. V, VI.
Kelas IV, V, VI
- Memiliki ketrampilan mendengar/menyimak, berbicara, menulis, dan membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pada tingkat kelas atau jenjang sekolah diatasnya.
- Memberikan kontribusi kepada masyarakat sebagai kota pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya dari manca negara yang tentu saja membutuhkan keterampilan berbahasa inggris sebagai alat komunikasi memberikan pelayanan yang maksimal terhadap wisatawan asing, serta merupakan nilai tambah perbendaharaan bahasa sebagai alat komunikasi.
- Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Peduli terhadap lingkungan
- Memanfaatkan lungkungan untuk mengembangkan life sklil
- Memahami bahgaimana menjaga dan melestarikan lingkungan.
c. Pembudayaan Nilai Pancasila ( PNP)
.................................................................
3. Pengembangan Diri
a. Pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler yang bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.
b. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
c. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
d. Pengembangan diri dapat dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik.
e. Pengembangan diri biasanya dinilai dengan cara standar kualitatif.
f. Pengembangan diri dilaksanakan di luar jam kurikuler pembelajaran sekolah biasanya pada sore hari.
Ekstrakurikuler yang dikembangkan di sekolah ini, dapat diikuti oleh peserta didik, dengan cara memilih salah satu atau lebih pada kegiatan yang diminati.
Adapun alternatif pilihan yang disediakan oleh sekolah adalah sebagai berikut:
a. Kewiraan
- Pramuka
b. Olahraga
- Sepak bola
- Senam Artistik
- Voli
- Tenis meja
c. Seni
- ¬Seni lukis
- Seni musik dan vokal
d. UKS
- Dokter kecil (Tiwi sada)
- Kebun sekolah
e. English club
- Speaking
f. Kegiatan pembiasaan
Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penamaan budi pekerti
- Upacara bendera setiap hari Senin
- Senam pagi, berbaris sebelum masuk kelas, mencongak, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, sholat dhuha, membaca senyap, mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
PENGATURAN BEBAN BELAJAR
Jam pelajaran setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan satu jam pelajaran sama dengan waktu 35 menit untuk kelas I 26 JP, kelas II 27 JP, kelas II 28 JP tatap muka perminggu, sedangkan kelas IV 32 JP, kelas V 32 JP, kelas VI 32 JP tatap muka per minggu secara keseluruhan, sebagaimana secara terperinci tertera dalam struktur kurikulum di atas. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.
Tabel beban belajar:
No/ kelas Satu jam pembelajaran tatap muka/menit Jumlah jam pembelajaran per minggu Minggu efektif pertahun ajaran Waktu pembelajaran/ jam per tahun
1 35 35 34
2 35 35 34
3 35 37 34
4 35 42 34
5 35 42 34
6 35 42 32
D. KETUNTASAN BELAJAR MIINIMAL
a. Ciri-ciri pembelajaran tuntas
- Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa (child center)
- Mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa (individual personal)
- Strategi pembelajaran berasaskan maju berkelanjutan (continuous progress)
- Pembelajaran dipecah-pecah menjadi satuan-satuan (cremental units)
- Seorang siswa yang mempelajari unit satuan unit pelajaran tertentu dapat berpindah ke unit satuan pelajaran berikutnya jika siswa yang bersangkutan telah menguasai secara tuntas sekurang-kurangnya mencapai 70 % dari setiap standar kompetensi, kompetensi dasar, semua indikator.
b. Bentuk layanan dalam pembelajaran tuntas
1. Layanan program remidial
- Ditempuh dengan cara pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi siswa yang mengalami kesulitan.
- Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (tretment) secara khusus yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran reguler.
- Materi program remidial diberikan kepada KD yang belum dikuasai siswa.
- Pelaksanaan program remidial dilakukan setelah siswa mengikuti tes/ujian semester.
- Khusus untuk remidial akhir semester hanya diberlakukan untuk blok, terakhir dari blok-blok yang ada pada semester.
2. Pernyataan Pelaksanaan Remidial dan Pengayaan
Bagi siswa yang belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal diberi kesempatan untuk melakukan remidial 2 kali, dengan nilai setinggi-tingginya yang dicapai sesuai dengan standart dalam remidi.
Bagi siswa yang telah mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal diberi kesempatan untuk sebanyak-banyaknya 2 kali. Dengan nilai setinggi-tingginya yang dicapai standar dalam pengayaan.
Layanan Program Pengayaan:
- Ditempuh dengan cara pemberian bacaan tambahan atau diskusi yang bertujuan untuk memperluas wawasan masih dalam lingkup seputar KD yang dipelajari.
- Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf dan lainnya.
- Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan.
- Membantu guru dalam rangka membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
- Materi pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD yang dipelajari.
- Program pengayaan dilaksanakan setelah mengikuti tes/ujian KD tertentu, tes/ujian blok, kesatuan KD, tes/ujian semester.
- Khusus untuk program pengayaan akhir semester ini hanya untuk KD-KD blok terakhir.
c. Pelaksanaan Konsep Ketuntasan Belajar
- Kriteria ketuntasan belajar setiap indikator KD berkisar antara 0% - 100%, idealnya kriteria menurut Departemen Pendidikan Nasional untuk masing-masing indikator mencapai 75%.
- Menurut masyarakat awam ketuntasan belajar di sekolah diharapkan mencapai angka 60%.
- Sekolah dapat menetapkan sendiri tentang kriteria ketuntasan belajar sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. Harapannya sekolah makin lama semakin meningkatkan kriteria ketuntasan belajar mendekati sempurna.
- Jika semua indikator dalam suatu kompetensi dasar telah memenuhi kriteria, siswa dianggap telah menguasai Kompetensi Dasar, dan pada akhirnya menguasai Standar Kompetensi dan mata pelajaran.
- Dalam rangka untuk menentukan Standar Ketuntasan minimal disusun berdasarkan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan:
1. Kemampuan rata-rata siswa
2. Sumber daya pendukung
3. Kemampuan daya pendukung
4. Kompleksitas KD
5. Analisis Sumber daya pendukung
- Adapun sekolah ini menetapkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal di bawah ini.
1. KEMAMPUAN RATA-RATA SISWA
No KOMPONEN NILAI RATA-RATA SISWA RATA-RATA
I II III IV V VI
A
B MATA PELAJARAN
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. IPA
6. IPS
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
8. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
MUATAN LOKAL
1. Bahasa Jawa
2. Bahasa Inggris
75
70
75
75
65
65
70
70
70
60
70
70
75
75
65
65
70
70
70
60
67
70
70
65
65
65
70
70
65
60
70
70
70
65
65
65
70
70
65
60
70
70
70
65
65
65
70
70
65
60
70
70
70
65
65
65
70
70
65
60
70
70
72
67
65
65
70
70
66
60
Rata-rata 69 69 64 66 65 68 67
d. Standar Ketuntasan Belajar Minimal
KOMPONEN KELAS DAN SKBM RT SKBM
I II III IV V VI
A. MATA PELAJARAN
1. Pendidikan Agama 65 65 65 65 65 65 390 65
2. Pendidikan Kewarganegaraan 70 70 65 65 65 65 400 66
3. Bahasa Indonesia 75 75 65 65 65 65 410 68
4. Matematika 75 75 60 60 60 60 390 65
5. Ilmu Pengetahuan Alam 65 65 60 60 60 60 370 61
6. Ilmu Pengetahuan Sosial 65 65 60 60 60 60 370 61
7. Seni Budaya dan Ketrampilan 70 70 70 70 70 70 420 70
8. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 70 70 70 70 70 70 420 70
B. MUATAN LOKAL
1. Bahasa Jawa 70 70 65 65 65 65 400 66
2. Bahasa Inggris 60 60 60 60 60 60 360 60
Rata-rata 68 69 64 63 63 63
Tabel ketuntasan belajar
No Mata Pelajaran Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
Angka Huruf
1
2
3
4
5
6
7
8
9 Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Seni Budaya dan Ketrampilan
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
65
75
68
60
61
61
70
70
60 Enam Puluh lima
Tujuh Puluh Lima
Enam Puluh Delapan
Enam Puluh
Enam Puluh satu
Enam Puluh Satu
Tujuh Puluh
Tujuh Puluh
Enam Puluh
PELAPORAN
A. KENAIKAN KELAS
KRITERIA KENAIKAN KELAS
- Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran bagi kelas I sampai dengan kelas V.
- Siswa dinyatakan naik kelas, apabila yang bersangkutan telah mencapai kriteria standar ketuntasan belajar minimal pada semua indikator.
Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK), pada semua mata pelajaran.
- Siswa yang harus mengulangi atau tinggal di kelas yang sama apabila yang bersangkutan belum mencapai kriteria standar ketuntasan belajar minimal pada semua indikator, Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada lebih dari 4 mata pelajaran sampai batas akhir tahun pelajaran.
- Untuk memudahkan administrasi maka siswa diharapkan mengulangi semua mata pelajaran dan SK, KD dan indikatornya, oleh karena itu sekolah mempertimbangkan mata pelajaran, SK, KD, dan indikator yang telah tuntas pada tahun pelajaran sebelumnya.
B. KELULUSAN
- Kelulusan diperuntukkan bagi siswa yang telah menempuh pembelajaran di Sekolah Dasar secara penuh sejak kelas I sampai kelas VI dan selesai sampai pada akhir tahun pelajaran.
- Siswa memiliki nilai raport semester I dan II pada setiap kelas, sejak kelas I sampai kelas VI.
- Siswa telah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh sekolah pada semua mata pelajaran dan memperoleh nilai yang memenuhi standar minimal yang dipersyaratkan lulus oleh Departemen Pendidikan Nasional.
- Dinyatakan lulus oleh sekolah setelah melalui rapat Dewan Guru dan dipimpin Kepala Sekolah yang membahas khusus tentang kelulusan bagi siswa kelas VI di Sekolah Dasar.
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
1. Rambu-Rambu
Satuan Pendidikan Dasar dan menengah dapat menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar isi.
2. Kalender pendidikan berdasarkan standar isi sebagai acuan menyusun kalender pendidikan di sekolah.
No Kegiatan Alokasi Waktu dalam minggu
1 Minggu efektif belajar 34 – 38
2 Jeda tengah semester Maksimal 2
3 Jeda antar semester Maksimal 2
4 Libur akhir tahun pelajaran Maksimal 3
5 Libur keagamaan 2 – 4
6 Libur umum/nasional Maksimal 2
7 Libur khusus Maksimal 1
8 Kegiatan khusus sekolah Maksimal 3
3. Analisis kalender umum dan kalender pendidikan tahun 2010 dan tahun 2011 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar untuk menentukan jumlah hari efektif setiap harinya dan menyusun jadwal kegiatan sekolah.
HITUNGAN HARI EFEKTIF SAEMESTER I
KALENDER SEKOLAH SDN KEDUNGBANTENG 02
KECAMATAN BAKUNG
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
NO BULAN MINGGU HARI KET
SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU
1 JULI I 1 2 3
II 5 6 7 8 9 10
III 12 13 14 15 16 17 KEG
IV 19 20 21 22 23 24 HUT RI
V 26 27 28 29 30 31
2 AGUSTUS I 2 3 4 5 6 7
II 9 10 11 12 13 14
III 16 17 18 19 20 21 HEF
IV 23 24 25 26 27 28 HEF
V 30 31 HEF
3 SEPTEMBER I 1 2 3 4
II 6 7 8 9 10 11
III 13 14 15 16 17 18
IV 20 21 22 23 24 25
V 27 28 29 30
4 OKTOBER I 1 2
II 4 5 6 7 8 9 MID TES
III 11 12 13 14 15 16
IV 18 19 20 21 22 23
V 25 26 27 28 29 30
5 NOVEMBER I 1 2 3 4 5 6
II 8 9 10 11 12 13
III 15 16 17 18 19 20
IV 22 23 24 25 26 27
V 29 30
6 DESEMBER I 1 2 3 4
II 6 7 8 9 10 11 HARI EFEKTIF TERAKHIR
III 13 14 15 16 17 18 UJIAN
SMTR
IV 20 21 22 23 24 25
V 27 28 29 30 31
JUMLAH HARI EFEKTIF PEMBELAJARAN 17 15 16 16 18 18
JUMLAH HARI MASUK 19 17 18 18 20 19
HITUNGAN HARI EFEKTIF SAEMESTER II
KALENDER SEKOLAH SDN KEDUNGBANTENG 02
KECAMATAN BAKUNG
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
NO BULAN MINGGU HARI KET
SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU
1 JANUARI I 3 4 5 6 7 8
II 10 11 12 13 14 15
III 17 18 19 20 21 22
IV 24 25 26 27 28 29
V 31
2 FEBRUARI I 1 2 3 4 5
II 7 8 9 10 11 12
III 14 15 16 17 18 19
IV 21 22 23 24 25 26
V 28
3 MARET I 1 2 3 4 5
II 7 8 9 10 11 12 MID-TES
III 14 15 16 17 18 19
IV 21 22 23 24 25 26
V 28 29 30 31
4 APRIL I 1 2
II 4 5 6 7 8 9
III 11 12 13 14 15 16
IV 18 19 20 21 22 23
V 25 26 27 28 29 30
5 MEI I 2 3 4 5 6 7 UASBN
II 9 10 11 12 13 14
III 16 17 18 19 20 21
IV 23 24 25 26 27 28
V 30 31 UKK
6 JUNI I 1 2 3 4
II 6 7 8 9 10 11
III 13 14 15 16 17 18
IV 20 21 22 23 24 25 LIBUR SMT II
V 27 28 29 30
JUMLAH HARI EFEKTIF PEMBELAJARAN 21 20 20 20 20 20
JUMLAH HARI MASUK 23 22 22 22 22 22
JADWAL PELAJARAN
KELAS I
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara Matematika IPA
2 07.35 – 08.10 Penjaskes Matematika IPA
3 08.10 – 08.45 Penjaskes Matematika IPA
4 08.45 – 09.20 Penjaskes Bhs. Indonesia Bhs. Indonesia
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Bhs. Inggris Bhs. Indonesia Bhs. Indonesia
7 10.25 – 11.00 Bhs. Inggris Bhs. Indonesia Bhs. Indonesia
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 IPS PKn Agama
2 07.35 – 08.10 IPS PKn Agama
3 08.10 – 08.45 IPS Bhs. Jawa Agama
4 08.45 – 09.20 Matematika Bhs. Jawa Agama
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Matematika Wasbang SBK
7 10.25 – 11.00 Budi pekerti xxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxx
JADWAL PELAJARAN
KELAS II
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara PKn Bhs. Indonesia
2 07.35 – 08.10 Penjas PKn Bhs. Indonesia
3 08.10 – 08.45 Penjas Bhs. Indonesia Matematika
4 08.45 – 09.20 Penjas Bhs. Indonesia Matematika
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Matematika Bhs. Inggris Bhs. Jawa
7 10.25 – 11.00 Matematika Bhs. Inggris Bhs. Jawa
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 Agama Bhs. Indonesia IPS
2 07.35 – 08.10 Agama Bhs. Indonesia IPS
3 08.10 – 08.45 Agama SBK IPS
4 08.45 – 09.20 Agama SBK Matematika
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 IPA Budi Pekerti wasbang
7 10.25 – 11.00 IPA xxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxx
JADWAL PELAJARAN
KELAS III
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara Penjaskes Bhs. Inggris
2 07.35 – 08.10 Matematika Penjaskes Bhs. Inggris
3 08.10 – 08.45 Matematika Penjaskes Matematika
4 08.45 – 09.20 Agama Penjaskes Matematika
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Agama IPS PKn
7 10.25 – 11.00 Agama IPS PKn
8 11.00 – 11.35 Agama IPS Agama
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 IPA IPA Matematika
2 07.35 – 08.10 IPA IPA Matematika
3 08.10 – 08.45 Bhs. Jawa IPA Bhs. Indonesia
4 08.45 – 09.20 Bhs. Jawa SBK Bhs. Indonesia
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Bhs. Indonesia SBK Bhs. Jawa
7 10.25 – 11.00 Bhs. Indonesia Bhs. Jawa
JADWAL PELAJARAN
KELAS IV
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara Matematika Penjas
2 07.35 – 08.10 IPA Matematika Penjas
3 08.10 – 08.45 IPA Matematika Penjas
4 08.45 – 09.20 IPA Bhs. Indonesia IPA
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 IPA Bhs. Indonesia IPA
7 10.25 – 11.00 IPS SBK Komputer
8 11.00 – 11.35 IPS SBK
Komputer
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 Bhs. Inggris Matematika Bhs. Indonesia
2 07.35 – 08.10 Bhs. Inggris Matematika Bhs. Indonesia
3 08.10 – 08.45 Bhs. Inggris Matematika Bhs. Indonesia
4 08.45 – 09.20 Agama PKn Budi Pekerti
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 Agama PKn Bhs. Jawa
7 10.25 – 11.00 Agama xxxxxxxxxxxxxxx Bhs. Jawa
8 11.00 – 11.35 wasbang xxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxx
JADWAL PELAJARAN
KELAS V
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara Matematika IPS
2 07.35 – 08.10 Matematika Matematika IPS
3 08.10 – 08.45 Matematika Matematika IPS
4 08.45 – 09.20 IPA PKn Bhs. Inggris
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 IPA PKn Bhs. Inggris
7 10.25 – 11.00 Computer Bhs. Jawa
SBK
8 11.00 – 11.35 Computer Bhs. Jawa SBK
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 Bhs. Indonesia Agama Penjas
2 07.35 – 08.10 Bhs. Indonesia Agama Penjas
3 08.10 – 08.45 Bhs. Indonesia Agama Penjas
4 08.45 – 09.20 IPA Wasbang Bhs. Indonesia
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 IPA Budi Pekerti Bhs. Indonesia
7 10.25 – 11.00 Kesenian xxxxxxxxxxxxxxx
8 11.00 – 11.35 Kesenian xxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxx
JADWAL PELAJARAN
KELAS VI
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO WAKTU SENIN SELASA RABU
1 07.00 – 07.35 Upacara Matematika Bhs. Inggris
2 07.35 – 08.10 Matematika Matematika Bhs. Inggris
3 08.10 – 08.45 Matematika Bhs. Indonesia PAI
4 08.45 – 09.20 Matematika Bhs. Indonesia PAI
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 IPA Bhs. Indonesia PAI
7 10.25 – 11.00 IPA SBK WK
8 11.00 – 11.35 Peng. Diri SBK Budi Pekerti
NO WAKTU KAMIS JUMAT SABTU
1 07.00 – 07.35 Penjaskes Bhs. Indonesia IPA
2 07.35 – 08.10 Penjaskes Bhs. Indonesia IPA
3 08.10 – 08.45 Penjaskes IPS Bhs. Jawa
4 08.45 – 09.20 PKn IPS Bhs. Jawa
5 09.20 – 09.50 I S T I R A H A T
6 09.50 – 10.25 PKn IPS Bhs. Jawa
7 10.25 – 11.00 Computer xxxxxxxxxxxxxxx
8 11.00 – 11.35 Computer xxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxx
TATA TERTIB SEKOLAH
1. Sekolah dimulai pukul 07.00 dan murid selambat-lambatnya sudah hadir pada pukul 06.30 untuk mengikuti senam pagi.
2. Waktu bel berbunyi tanda masuk, murid berbaris di depan kelas masing-masing yang dipimpin ketua kelas.
3. Setiap murid harus berpakaian sesuai dengan ketentuan sekolah.
4. Pada waktu pelajaran berlangsung murid tidak dibenarkan meninggalkan kelas satu sekolah tanpa izin guru.
5. Murid harus minta izin tertulis, jika terpaksa tidak masuk karena sakit atau sebab lain.
6. Berdo’a serta penghormatan kepada bapak/ibu guru dilaksanakan pada permulaan jam pertama dan sesudah jam terakhir.
7. Murid tidak dibenarkan memasuki kantor, gudang tanpa seizin bapak/ibu guru.
8. Murid dilarang merokok, memakai perhiasan yang berlebihan, berkata tidak sopan, melompat pagar, duduk dipagar dan bertengkar.
9. Pada waktu istirahat murid harus berada di luar kelas dan bermain-main di luar halaman sekolah.
10. Murid wajib memelihara kebersihan dan keindahan sekolah, menjaga kerapian dan kelestarian sekolah.
11. Murid harus hormat, taat dan patuh kepada bapak/ibu guru.
12. Setiap murid wajib menjaga keamanan dan ketertiban sekolah.
13. Setiap siswa berhak mendapatkan pengajaran.
14. Setiap siswa berhak mendapatkan bimbingan dan penyuluhan di sekolah.
15. Setiap siswa berhak mendapatkan tambahan pelajaran disekolah.
16. Setiap siswa berhak mematuhi tata tertib sekolah dikenakan berupa:
a. Peringatan
b. Teguran
c. Hukuman
Kepala SD Negeri Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1 007
ATURAN PENERIMAAN SISWA BARU
SD KEDUNGBANTENG 02
1. Tahun pelajaran 2009/2010
2. Mendaftarkan diri pada tanggal yang telah ditentukan.
3. Umur minimal 6 tahun.
4. Mengisi formulir pendaftaran.
5. Fotocopy akte/surat kelahiran sebanyak 2 lembar.
6. Mengumpulkan foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
Mengetahui,
Kepala SD Negeri Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1007
BAB V
PENUTUP
Demikian kurikulum SD Negeri Kedungbanteng 02 disusun sebagai dasar untuk menyusun program kerja, program semester, silabus, RPP, UTS, UASBN, Ujian akhir sekolah Berstandar Nasional dan segala kegiatan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah.
Semoga Allah SWT meridloi dan mengabulkan cita-cita KTSP ini, bila ada kekurangan mohon saran dan kritik yang bersifat membangun.
Kedungbanteng, 13 Juli 2010
Kepala SD Negeri Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP.19510809 197402 1 007
Kamis, 17 Maret 2011
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SDN KEDUNGBANTENG 02 TAHUN 2010-2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar