Selamat datang di blog SDN Kedungbanteng 02 Kecamatan Bakung Kab. Blitar

Senin, 14 Maret 2011

Pendekatan Metode PAIKEM GEMBROT

APAKAH PAIKEM GEMBROT ?

PEMBELAJARAN :

• AKTIF
• INOVATIF
• KREATIF
• EFEKTIF
• MENYENANGKAN
• GEMBIRA
• BERBOBOT.

AKTIF
Aktif secara fisik
• Melakukan aktifitas fisik : duduk, lompat, lari, menempel, mendorong, menarik dst.
Aktif secara mental (berfikir)
• Berfikir : menganalisis, memprediksi, menghitung,menarik kesimpulan, mengamati, menerapkan teori, dst.
Aktif secara emosional
• Intrapersonal (kemauan, empati, motivasi)
• Interpersonal/sosial (kerjasama, toleransi)

AKTIF
A. GURU:
• Membantu kegiatan siswa.
• Memberi umpan balik
• Mengajukan pertanyaan yang menantang.
• Mempertanyakan gagasan siswa.

B SISWA.
• Membangun konsep.
• Bertanya.
• Bekerja, terlibat dan berpartisipasi.
• Menemukan dan memecahkan masalah.
• Mengemukakan gagasan.
• Mempertanyakan gagasan.
INOVASI
• BARU
• UNIK
• MENARIK
• MEMBAWA MANFAAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN
• PERATURAN YANG BERLAKU
KREATIF
• Kreatif dalam implementasi kurikulum
• Kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar
• Kreatif dalam menggunakan metode dan pendekatan belajar.
• Kreatif dalam mengembangkan kompetensi dasar
• Kreatif dalam manajemen kelas pembelajaran
KREATIF
a. GURU
• Mengembangkan kegiatan yang menarik dan beragam.
• Membuat alat bantu belajar.
• Memanfaatkan lingkungan.
• Mengelola kelas dan sumber belajar.
• Merencanakan proses pembelajaran.
b. SISWA.
• Merancang / membuat sesuatu.
• Menulis / mengarang

c. CIRI-CIRI MANUSIA KREATIF.
• Rasa ingin tahu sangat besar.
• Memunculkan ide yang orisinal.
• Selalu bersemangat dan pantang menyerah.
• Toleran terhadap ketidak pastian
• Toleran terhadap perubahan.
• Fungsional, berguna dan bermanfaat bagi dirinya, orang lain dan lingkungan sekitarnya.

EFEKTIF
• Pembelajaran dikatakan efektif jika mencapai tujuan dan sasaran serta banyak hal yang didapat oleh siswa, bahkan gurunya dalam setiap kegiatan pembelajaran mendapatkan pengalaman baru sebagai hasil interaksi dua arah dengan siswanya.
• Pembelajaran efektif jika bermakna, bermakna jika pembelajaran berkesan, berkesan jika melibatkan semua indra, daya pikir, daya cipta,pemecahan masalah dsb.

PEMBELAJARAN EFEKTIF
GURU
• Mencapai tujuan pembelajaran
SISWA
• Mencapai kompetensi yang diinginkan

MENYENANGKAN
• Menyenangkan harus dimaknai secara luas, antara lain belajar “ Tanpa Tekanan “
• Dapat “dinikmati” oleh pembelajarnya
• Menyenangkan, mengasikkan, menguatkan dan mencerdaskan
• Siswa dilatih olah pikir, olah hati, olah rasa, olah raga
• Memberikan tantangan kepada siswa untuk berfikir, mencoba dan belajar lebih lanjut penuh dengan percaya diri dan mandiri untuk mengembangkan potensi positifnya secara optimal.
• Menjadi manusia yang berkarakter penuh percaya diri, menjadi dirinya sendiri dan mempunyai semangat kompetitif dalam nuansa kebersamaan.

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN
• Kegiatan menarik, menantang dan meningkatkan motifasi siswa.
• Mendapatkan pengalaman secara langsung.
• Meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah.
• Tidak membuat anak takut.
• Anak senang belajar
• Mengkondisikan anak :
 Berani mencoba/berbuat
 Berani bertanya.
 Berani mengemukakan pendapat /gagasan.
 Berani mempertanyakan gagasan orang lain.

MENGAPA HARUS PAIKEM
• Belajar lebih efektif/pendalaman.
• Anak lebih kritis
• Anak menjadi lebih kreatif.
• Suasana dan pengalaman belajar bervariasi.
• Meningkatkan kematangan emosional/social
• Produktifitas siswa lebih tinggi
• Siap menghadapi perubahan dan berpartisipasi dalan proses perubahan

BAGAIMANA AGAR SISWA AKTIF.
• Guru bersahabat dan bersikap terbuka
• Guru mengajukan pertanyaan yang mengundang banyak jawaban siswa.
• Guru merespon dan menghargai semua pendapat siswa.
• Guru memberikan umpan balik yang meningkatkan harga diri positif siswa
• Guru aktif membantu kesulitan belajar siswa.

BAGAIMANA AGAR SISWA KREATIF
• Guru menciptakan lingkungan belajar yang kreatif.
• Guru memberi kesempatan siswa untuk menghasilkan karya atau menuangkan kreatifitas.
• Guru menghargai dan memamerkan hasil karya semua siswa.

BAGAIMANA AGAR PEMBELAJARAN EFEKTIF.
• Guru memperhatikan efisiensi waktu.
• Guru mengakomodasi gaya belajar audio,visual dan kinestetik
• Guru memberikan tugas-tugas dengan panduan yang jelas.
• Guru memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran dengan tepat.
• Guru mengelola kelas dengan baik.
• Kelas memiliki aturan permainan dan peraturan.

BAGAIMANA PEMBELAJARAN MENYENANGKAN
• Guru tampil dengan semangat, antusias dan gembira.
• Guru menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif
• Pembelajaran menyertakan humor dan games.

SDN Kedungbanteng 02
Kepala Sekolah
Imam S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar