RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SDN KEDUNGBANTENG 02
KELAS : VI
SEMESTER : II
MATA PELAJARAN : IPA
PERTEMUAN KE : 1
JUMLAH PERTEMUAN : 6 KALI PERTEMUAN
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.
Kompetensi Dasar : 7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak(model jungkat – jungkit, ketapel model traktor sederhana energy pegas).
Indikator Pencapaian Kompetensi :
Mengidentifikasi jenis – jenis gaya
Menjelaskan pengaruh gaya terhdap gerak benda.
Menjelaskan hubungan antara beban, jarak dan gerak pada jungkit- jungkit .
Mendislripsikan hubungan antara beban, lengan beban, kuasa dan lengan kuasa
Merancang model jungkit –jungkit.
Menentukan alat dan bahan yang sesuai.
Membuat model untuk percobaan yang membuktikan gaya berpengaruh terhadap gerak.
Nilai Pancasila dan UUD 1945 : Mengeluarkan pendapat dengan sopan, sikap adil dan bijaksana, Cinta tanah air, Mengembangkan sikap positip, menghargai karya orang lain.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui membaca buku sumber / referensi siswa dapat menemukan pengertian gaya dengan benar.
2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasi jenis – jenis gaya dengan benar.
3. Melaui Diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan pengaruh gaya terhadap benda dengan benar.
4. Melalui percobaan kelompok siswa dapat menyebutkan / menuliskan tiga hal pengaruh besarnya gaya terhadap berat benda jarak benda terhadap jungkit – jungkit mainan dengan benar.
5. Melaui pengamatan hasil percobaan siswa secara bersama sama mendiskripsikan hubungan antara beban lengan beban, kuasa dan lengan kuasa dengan benar.
6. Melalui kerja kelompok siswa merancang model jungkit – jungkit dari bahan pilihan dengan tepat.
7. Melalui kerja kelompok siswa membuat model traktor dari bahan pilihan yang menggunakan prinsip gaya berpengaruh pada gerak dengan tepat.
B. Materi Ajar :
Gaya dan gerak
C. Alokasi Waktu : 6 x 35”
D. Metode Pembelajaran :
(Tanya jawab, Diskusi, Penugasan)
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1 (2 x35’)
Awal.
• Guru mengucapkan salam.
• Guru mengondisikan kelas menuju Pembudayaan NIlai Pancasila ( salah satu siswa ditunjuk mempin hormat bendera, guru mengajak berdoa bersama)
• Guru mengajak peserta didik untuk menyanyi garuda Pancasila
• Guru menginformasikan makna lagu garuda Pancasila dengan mnenunjukkan gambar Pancasila melalui LCD.
• Guru Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu ; akibat benda yang dikenai suatu gaya
• Guru mengarahkan kerja kelompok ( duduk berkelompok)
Inti
• Siswa secara kelompok membaca buku sumber hal.107 SD 110
• Siswa berdiskusi mengerjakan soal LKS yang telah disiapkan oleh guru
• Siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan teman – temanya.
• Siswa mencatat hal hal pokok yang dianggap penting.
• Siswa bersama –sama menyimpukan pengaruh gaya terhadap benda yang dikenai gaya.
Penutup.
Guru bersama murid memilih hasil diskusi terbaik untuk dipajangkan di papan pajangan.
Siswa diberi tugas kelompok untuk mencari bahan untuk membuat model jungkit – jungkitan .
Pertemuan ke 2 (2x35’)
Awal.
• Guru mengucapkan salam.
• Guru mengondisikan kelas menuju Pembudayaan NIlai Pancasila ( salah satu siswa ditunjuk mempin hormat bendera, guru mengajak berdoa bersama)
• Guru Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu ; Merancang alat sederhana (jungkit – jungkit) dengan bahan pilihan.
• Guru mengarahkan kerja kelompok ( duduk berkelompok)
Inti
• Siswa secara kelompok membaca buku sumber hal.107 s.d 110
• Siswa bersama kelompoknya merangkai /merakit model jungkit –jungkitan dari bahan yang sudah disiapkan dari rumah.
• Siswa mendemonstrasikan hasil karyanya di depan teman – temannya secara bergantian.
Pertemuan ke 3 (2x 35’}
• Siswa berdiskusi mengerjakan soal LKS hasil percobaan yang telah disiapkan oleh guru tentang hsil percobaan yang minggu lalu yang telah didemostrasikan
• Siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan teman – temanya.
• Siswa mencatat hal hal pokok yang dianggap penting.
Penutup.
Guru bersama murid memilih hasil kerja / hasil karya terbaik untuk dipajangkan di meja pajangan.
Siswa diberi tugas kelompok untuk mencari bahan : botol aqua kosong karet gelang dan stik dua buah untuk membuat model traktor pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan ke 4 (2 x35’)
Awal.
• Guru mengucapkan salam.
• Guru mengondisikan kelas menuju Pembudayaan NIlai Pancasila
• Guru mengajak peserta didik untuk menyanyi Dari sabang sampai merauke
• Guru menginformasikan makna lagu dari sabang sampai merauke dengan menunjukkan gambar peta indonesia melalui LCD.
• Guru Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu ; Merancang alat sederhana (traktor) dengan bahan pilihan.
• Guru mengarahkan kerja kelompok ( duduk berkelompok)
Inti
• Siswa secara kelompok membaca buku sumber hal.107 s.d 112
• Siswa bersama kelompoknya merangkai /merakit model traktor dari bahan yang sudah disiapkan dari rumah.
Pertemuan ke 5 (2 x35’)
• Siswa bersama kelompok mendemonstrasikan hasil karyanya didepan kelas secara bergantian.
• Siswa berdiskusi mengerjakan soal LKS yang telah disiapkan oleh guru
• Siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan teman – temanya.
• Siswa mencatat hal hal pokok yang dianggap penting.
Penutup.
Guru bersama murid memilih hasil kerja / hasil karya terbaik untuk dipajangkan di meja pajangan.
Siswa diberi tugas kelompok untuk mengerjakan soal –soal latihan.
Pertemuan ke 6 (2 x35’)
• Evaluasi akhir /ulangan pertama
Tindak lanjut.
Siswa diberi tugas kelompok untuk mengerjakan soal –soal latihan sebagai pengayaan dan remidi.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Prosedur tes : tes dalam Proses dan tes akhir
B. Jenis tes : tes tulis dan pengamatan kerja
C. Bentuk tes : Subyektif
D. Alat Intrumen test : Soal test terlampir, kunci jawaban terlampir.
G. Sumber Belajar : Lingkungan Anak di rumah, di Sekolah, di Masyarakat, buku BSE.
Mengetahui Kepala Sekolah
SDN Kedungbanteng 02
IMAM SOLICHIN
NIP. 19510809 197402 1007 Guru Kelas IV
SUPRIONO, S.Pd
NIP.196908102000121005
LAMPIRAN 1
RANGKUMAN MATERI
Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering melihat
orang menarik benda, mendorong benda, mengangkat
benda. Coba kamu perhatikan Gambar 7.1. Kamu
dapat melihat seseorang sedang mengayuh sepeda
menggunakan gaya ototnya agar sepeda dapat ber-
gerak. Seorang tukang bakso mendorong gerobaknya
supaya bergerak. Seseorang sedang menarik tali agar
bendera bergerak ke ujung tiang.
Semua itu menunjukkan bahwa gaya otot, gaya
dorong, dan gaya tarik dapat mengubah gerak suatu
benda. Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda,
benda itu akan bergerak.
Apakah kamu dapat memberikan contoh lainnya,
suatu kegiatan yang mana jika diberikan gaya pada
benda tersebut, gerak benda dapat berubah? Coba
kamu diskusikan bersama teman-temanmu.
Hubungan antara
Gaya dan Gerak A Sekarang, kamu akan membuat model untuk
membuktikan bahwa gaya memengaruhi gerak suatu
benda. Kamu dapat membuat traktor pegas untuk
membuktikannya, lakukanlah kegiatan berikut.
LAMPIRAN II
FORMAT PENGAMATAN KETRAMPILAN PROSES
NO KELOMPOK /NAMA SISWA KEAKTIFAN
(A) KERJASAMA
(B) KETEPATAN HASIL
(C) MENGKOMUNIKASIKAN
(D)
B C K B C K B C K B C K
1 Kelompok Supomo
2 Kelompok Sukarno
3 Kelompok Muh. Yamin
4 Kelompok Drs. Moh. Hatta
Keterangan.
B ( Baik) : 80 keatas
C ( sedang) : 60- 70
K (Kurang) : 50 kebawah
Nilai Proses =
LAMPIARAN III
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan ke 1
1. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Jenis gaya
Tujuan Kegiatan : Siswa mampu mengidentifikasi jenis gaya tarikan dan dorongan
2. Waktu Pelaksanaan : 40 menit
3. Prosedur Kegiatan :
1. Diskusikan dengan kelompok
2. Mencatat hasil kerja kelompok
3. Melaporkan / mempresentasikan.
4. Jelaskan gaya yang bekerja pada gambar di bawa ini!
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan ke 2
Judul Kegiatan : Membuat Model Jungkat Jungkit
Tujuan Kegiatan : Kamu dapat membuktikan bahwa gaya dapat memengaruhi gerak suatu benda pada model jungkat jungkit.
Waktu Pelaksanaan : 40 menit
Prosedur Kegiatan :
• Diskusikan dengan kelompok
• Mencatat hasil kerja kelompok
• Melaporkan / mempresentasikan.
Alat dan Bahan
1. Penggaris sepanjang 30 cm
2. Penghapus pensil
3. Tiga buah koin yang sejenis
Langkah Kerja
1. Lakukan secara berkelompok. Letakkanlah penggaris di atas penghapus, usahakan sampai setimbang.
2. Letakkan sebuah koin pada salah satu ujungnya, apa yang terjadi?
3. Letakkan sebuah koin pada ujung yang satunya lagi, apa yang terjadi?
4. Sekarang, coba kamu tambah satu koin pada salah satu ujungnya sehingga koin menjadi dua buah, apa yang terjadi?
Kemudian, kamu geser dua buah koin tadi mendekati penghapus pensil sedikit- sedikit, apa yang terjadi?
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan ke 3
Diskusikanlah bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan berikut.
1. Ketika kamu geser sedikit-sedikit dua buah koin tersebut, apakah kamu menemukan titik kesetimbangan?
2. Ketika dua buah koin kamu geser sampai setimbang, berapa jarak koin ke titik tumpu penghapus pensil?
3. Gaya apa yang memengaruhi penggaris sehingga penggaris tersebut dapat bergerak ke atas dan ke bawah?
4. Selain menggeser dua buah koin, apakah kesetimbangan dapat terjadi dengan cara menggeser penghapus pensil?
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan ke 4
Judul Kegiatan : Membuat Traktor Pegas
Tujuan Kegiatan : Kamu dapat membuktikan bahwa gaya dapat memengaruhi gerak suatu benda pada traktor pegas.
Waktu Pelaksanaan : 40 menit
Prosedur Kegiatan :
• Diskusikan dengan kelompok
• Mencatat hasil kerja kelompok
• Melaporkan / mempresentasikan.
Alat dan Bahan
1. Botol plastik
2. Selotip
3. Sepasang sumpit kayu
4. Karet gelang
5. Gunting
6. Dua buah triplek berbentuk persegi panjang ukuran 2 x 6 cm.
7. Satu ember air
Langkah Kerja
Perhatikan gambar berikut ini.
1. Triplek berbentuk persegi panjang dibelah bagian tengahnya. Kemudian, digabungkan kedua potongan triplek tersebut menjadi sebuah baling-baling. Perhatikan Gambar a. Sepasang sumpit direkatkan pada bagian depan botol dengan menggunakan selotip. Perhatikan Gambar b.
2. Rentangkan karet pada ujung-ujung sumpit. Kemudian, sisipkan baling-baling pada kare gelang. Perhatikan Gambar c.
3. Diskusikanlah bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan berikut.
4. Putarlah baling-baling tersebut sampai karetnya kencang. Kemudian, traktor pegas itu kamu masukkan ke dalam air yang ada di ember. Apa yang dapat kamu amati?
5. Apa yang menyebabkan traktor tersebut bergerak?
6. LAMPIRAN IV SOAL EVALUASI
Rabu, 16 Maret 2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA KLS 6
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
wah....saya harus banyak belajar untuk dapat membuat model pembelajaran seperti ini....
BalasHapusmohon bantuannya pak....
Saya akan berusaha membantu semampu saya asalakan ada kemauan dan motivasi pasti akan mudah untuk mengerjakannya. (gapri_ones@yahoo.co.id)
BalasHapus